Portal Data Mahasiswa Gadjah Mada

Selidik Kuliah 5 Tahun

Selidik Kuliah 5 Tahun

Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui bagaimana pendapat mahasiswa tentang kebijakan UGM yang membatasi masa studi ?
  2. Untuk mengetahui bagaimana pendapat mahasiswa mengenai kebijakan UKT 50% yang diterapkan hanya pada semester 9 dan 10 untuk sarjana dan semester 7 dan 8 untuk diploma ?

Metode Penelitian

  1. Sasaran : Perwakilan mahasiswa Fakultas dan Sekolah Vokasi UGM
  2. Waktu : 3 September 2016 sampai 25 September 2016
  3. Sumber Data : Primer
  4. Metode                : Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner yang disebar melalui media online.
  5. Populasi : Populasi adalah seluruh mahasiswa UGM dengan jumlah sampel minimal sebanyak 241 yang dihitung dengan rumus slovin, tingkat keyakinan 93,58% dan tingkat signifikan 6,42%
  6. Instrumen : Kuisioner

Hasil Penelitian

  1. Penerapan Kebijakan Baru UKT 50% untuk mahasiswa semester 9 dan 10 untuk sarjana, semester 7 dan 8 untuk Diploma

Adapun 51% responden mengatakan setuju dengan diberlakukannya kebijakan tersebut. Sebanyak 22% responden mengatakan tidak setuju dan 27% lainnya  mengatakan ragu-ragu.

2.

Kebijakan pemotongan UKT sebesar 50% yang hanya diterapkan pada mahasiswa yang telah berada pada semester 9 dan 10 untuk sarjana dan semester 7 dan 8 untuk diploma memang terbilang baru. Peneliti kemudian menghimpun sejauh mana tingkat pengetahuan mahasiswa yang mengenai kebijakan ini. 43% responden mengatakan telah mengetahui, sementara 57% lainnya mengatakan tidak mengetahui.

[expander_maker more=”Read more” less=”Read less”]

3. Keperluan UGM menyesuaikan kebijakan dengan permenristekdikti

Jika batasan lama studi 5 tahun diberlakukan maka 69% responden tetap mengikuti kegiatan di luar perkuliahan. 6% menyatakan tidak mengikuti sedangkan 25% lainnya ragu-ragu. Hal ini menandakan kebijakan tersebut tidak mempengaruhi prefensi mahasiswa secara signifikan.

4.

Penyesuaian kebijakan UGM dengan Permenristekdikti terkait batasan masa studi diperoleh yakni 63% responden mengatakan UGM perlu menyesuaikan kebijakan. 18% menyatakan tidak perlu, dan 19% mengatakan ragu-ragu.

  1. Perolehan Informasi mengenai batasan masa studi

Mahasiswa Universitas Gadjah Mada memperoleh informasi mengenai batasan masa studi yang ditetapkan Kemenristekdikti sebagian besar dari media social yaitu 55%, dari teman 16%, dari dosen sebesar 5% dan 24% dari lain-lain.

6.

Pengetahuan mahasiswa mengenai batasan lama studi yang berlaku di UGM yaitu 63% responden mengatakan 5 tahun. 25% mengatakan 7 tahun dan 12% lainnya mengatakan tidak tahu.

[/expander_maker]